SUMMIT ATTACK SMI x IIP - Challenge 1


Jadi dalam rangka perayaan ulang tahun komunitas Single Moms Indonesia yang ke-6, ada hadiah istimewa untuk membernya yang berminat. Apa itu? Program Capacity Building kolaborasi dari Institut Ibu Profesional dengan SMI yang bertujuan untuk menguatkan peran ibu untuk menjadi Ibu yang lebih bahagia daripada sebelumnya. Nama programnya Ekspedisi Summit Attack.

Konsepnya menarik dan lucu, jadi semacam pendakian via daring. Dari nama tema acaranya, istilah-istilah yang dipakai, hingga kostum dan gimmick yang dikenakan narasumber dikonsep benar-benar seperti sedang mendaki gunung. Seru kan?

Setiap pertemuan yang dinamakan api unggun, kita diberi perbekalan. Api unggun pertama yaitu hari Selasa, 8 September 2020 merupakan sesi perkenalan. Api unggun kedua yaitu hari Rabu kemarin, 9 September 2020 sudah mulai diberi bekal berupa pencerahan mengenai Pengenalan Potensi Diri.

Dan ini adalah hasil dari Challenge 1 yang diberikan dan sudah kuselesaikan.



Mengenali Potensi Diri

Hal yang Aku Suka dan Aku Bisa

  • Melukis / Menggambar

  • Desain Grafis

  • Membuat Rencana

Bisa dibilang ini passionku yang alhamdulillah menjadi profesi dan sumber penghasilan. Aku sangat beruntung hal-hal yang aku suka bisa mendatangkan rezeki bagiku sekaligus memberi semangat bagi hidup.

Hal yang Aku Suka Namun Aku Tidak Bisa

  • Memasak

  • Baking / Membuat Kue 

  • Berjualan

Yes, seperti yang kalian tahu.. Selain menjadi seorang desainer grafis, aku juga berjualan ini itu. Aku punya usaha kuliner bernama Mari Makan, punya Gendis Popcakes untuk jualan popcakes, punya Sugar Plum untuk jualan pernak-pernik, souvenir, dan lain-lain. Aku sangat bersemangat dan optimis dengan hal-hal yang telah kusebutkan, walau aku masih jauuuuuh dari sukses dan aku sendiri belum menemukan formula jualan yang bikin laris, tapi aku tetap berusaha dan usaha.

Hal yang Aku Bisa Namun Aku Tidak Suka

  • Mengajar

  • Olahraga

  • Beberes

Nah, sering kali aku diminta untuk mengajarkan teman membuat desain, atau melukis di sepatu.. aku bisa sih, cuma aku nggak suka. Entahlah, rasanya nggak nyaman dan nggak menyenangkan aja. Apalagi aku orangnya nggak sabaran, jadiiii ya mengajar bukanlah bidangku hehe.. Ditambah aku kurang suka tampil di depan banyak orang atau berinteraksi dengan orang asing, jadi pandai bergaul dan berbasa-basi itu pun bukan hal yang terlalu kusukai dan kukuasai.

Hal yang Aku Tidak Bisa dan Aku Tidak Suka

  • Berpidato

  • Tampil di Depan Umum

  • Menjahit

Nah, hal-hal ini rasanya tidak perlu dijelaskan ya hahaha.. Entah itu presentasi di kelas, presentasi untuk kerjaan, pidato acara kampus, atau sidang Tugas Akhir.. tidak ada momen yang memuaskan buatku. Aku pastiiii jadi super nervous, tubuhku pasti berkeringat bahkan di ruangan yang AC-nya dingiiiin sekalipun, ngomongnya jadi gagap dan gemetar, aaaaah.. itu suatu hal yang menakutkan untuk dihadapi bagiku hehe.. Untuk jahit-menjahit, maafkan.. aku menyerah.


Yaaaa, itulah sekilas tentang potensi-potensi yang bisa aku gali dari diriku dalam waktu singkat. Aku yakin sih, masih banyak potensi lainnya yang belum aku ketahui. 

Kalau kamu bagaimana? Sudah mengenali potensi dirimu sendiri? 


Komentar